Jumat, 15 Juni 2012

Wamen ESDM: Sulit Naik Harga BBM Tahun Ini

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini menyatakan opsi pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) semakin sulit mengingat harga minyak mentah dunia yang cenderung terus turun.

Wamen ESDM: Sulit Naik Harga BBM Tahun Ini

"Dengan kecenderungan harga minyak hampir mendekati US$80 dolar per barel untuk Texas dan US$90an per barel untuk jenis brent maka akan sulit memenuhi pagu dimana BBM boleh naik," kata Rudi di Jakarta, Jumat 15 Juni 2012.

Meski begitu, lanjut Rudi, pemerintah tidak boleh diam saja. Pemerintah akan terus mensosialisasikan gerakan penghematan energi dengan melakukan efisiensi. Efisiensi ini, lanjutnya, harus dimulai dari kantor-kantor pemerintahan. Pemerintah akan terus mengajak masyarakat untuk merubah perilaku menjadi lebih hemat energi dengan cara-cara yang sederhana, seperti matikan lampu dan penyejuk ruangan sebelum keluar ruangan atau matikan air setelah digunakan.

"Yang akan diubah adalah kebiasaan. Cara kita mengelola dan gunakan energi dan air. Yang biasa gunakan AC temperatur 18 derajat dinaikkan menjadi 24-25 derajat. Listrik juga begitu, tiap keluar ruangan dan ruangan kosong harus dimatikan," ujarnya.

Setelah penghematan di pemerintahan jalan, pemerintah akan mulai mengajak para pengusaha untuk ikut dalam program penghematan. Ditambah jika infrastruktur Bahan Bakar Gas (BBG) telah siap, pengusahan akan diajak untuk beralih menggunakan BBG. (adi)

Sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/325566-wamen-esdm--sulit-naikkan-harga-bbm-tahun-ini - Penyewaan Dan Rental AC

0 komentar

Posting Komentar