Minggu, 02 September 2012

Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil

Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil - Bila AC mobil anda tidak berfungsi baik atau bahkan malah matot pastilah perjalanan anda menjadi kurang nyaman, Apalagi ketika musim panas datang. Mungkin anda merasa bagaikan didalam oven bukan. Berikut adalah Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil anda, artikel ini di ambil dari otomotifnet.com.

Mencoba Bersihkan Filter AC All New Avanza Dengan Saringan Teh

Sekarang siapkan dulu saringan teh yang berdiameter kurang lebih 15 cm. Benda ini bisa didapat di pasar tradisional seharga Rp 3 ribuan.

Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil
Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil

Setelah itu, potong gagang saringan teh itu menggunakan gergaji besi (Gbr.2). Lantas tempelkan double tape, agar saat dipasang benda ini tak berubah posisi saat terkena guncangan.

Setelah semuanya lengkap, sekarang tinggal pemasangannya. Pertama-tama, buka dulu boks penyimpanan depan (Gbr.3). Membukanya tinggal ditarik saja, namun tetap dengan kehati-hatian.

Kemudian, pasang saringan teh tersebut di atas boks AC (Gbr.4). Jangan lupa, rekatkan double tape yang sudah dipasang tadi.

“Dengan benda ini, debu-debu dan bulu halus dapat tersaring sehingga udara AC lebih bersih,” jelas Sriyanto dengan ramah. Kualitas bahan saringannya juga sudah terbukti tangguh, sebab kerap menyaring air panas untuk teh dalam kondisi mendidih.

Mudah, murah meriah dan lebih sehat tentunya. (mobil.otomotifnet.com)


Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Bila AC mobil nggak berfungsi dengan sempurna memang bikin gerah, apalagi di musim panas seperti sekarang ini. Ada berbagai macam penyebab AC mobil nggak berfungsi dengan sempurna. Mulai dari adanya kebocoran yang menyebabkan freon berkurang hingga habis sama sekali. Nah, dari kebocoran ini bisa merembet ke kinerja kompresor dan komponen lainnya.

“Karena freon berkurang tadi akhirnya kompresor, ekspansi, dan tabung dryer jadi berat, lama kelamaan bisa jebol juga kalau dibiarkan,”ujar Min, praktisi AC di bilangan Ceger Raya, Pondok Aren, Tanggerang. “Apalagi banyak pemilik mobil yang cuma menambah freon tanpa cek oli kompresor,” tambahnya. Lanjutnya, sebaiknya sisa freon yang masih ada dibuang dan oli kompresor juga diganti agar kembali maksimal.

“Pasti sumber kebocoran harus dicari dan diperbaiki,” tukas Min lagi. Umumnya yang banyak terjadi kebocoran yaitu dari selang kompresor yang masuk ke kondensor atau yang biasa disebut selang 1/2. “Biasanya sering terjadi pada mobil Jepang dan Korea,” bilangnya. Intinya, kenali gejala yang tidak beres pada sistem AC mobil dan jangan ragu bawa ke bengkel spesialis AC langganan. (mobil.otomotifnet.com)


Pasanglah Filter AC Untuk Mengusir Bau Hangus

Suzuki Ertiga Club Indonesia (ERCI) memang baru saja dibentuk. Namun kebersamaan para anggotanya langsung terlihat dari cara klub ini berbagi solusi bagi kendaraan kesayangan. Seperti kejadian yang dialami hampir sebagian anggotanya, dimana ada bau hangus yang merasuk ke kabin.

Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil

"Dugaan sementara dari katalitik (catalytic converter, red), tapi pas awal-awal saja sih," ucap Ferry Yanuaristanto, ketua umum ERCI. Lebih lanjut pembesut Ertiga GX ini meyakinkan hampir semua teman-teman di ERCI mengalaminya.

Nah, hasil diskusi di forum online maupun kopi darat memunculkan suatu solusi. Yakni penambahan komponen filter AC, dimana bawaan pabriknya menurut Ferry belum disertakan.

Beruntung peranti yang dimaksudkan ini tidak terlalu sulit memperolehnya. Pilihan pertama ada produk resmi keluaran Suzuki Genuine Accesories. Berdasarkan daftar harga aksesori Suzuki Ertiga yang diterima OTOMOTIF, produk air conditioner filter yang ber-part number 95860-58JOO-000 ini dihargai Rp. 153.900.

Sedangkan pilihan kedua berdasar referensi member ERCI ada produk aftermarket Sakura yang seharga Rp 80 ribuan (Gbr.1). Pemasangannya pun relatif mudah, bisa dilakukan sendiri. Langkah pertama, lepas laci yang ada pada dasbor sisi penumpang. Lepaskan secara perlahan pengait keduanya (Gbr.2). Setelah itu, akan langsung terlihat kotak berwarna hitam yang menjadi rumah filter AC.

Buka tutupnya, lalu masukkan filter AC yang ukurannya mirip kepunyaan Suzuki Swift ini ke rumahnya (Gbr.3). Langkah akhir, tutup rumah filter dan pasang kembali laci dasbor.

Setelah pemasangan peranti ini, bau menyengat diakui Ferry cukup berkurang bahkan cenderung hilang. Mudah kan? Selamat mencoba. (mobil.otomotifnet.com)

Demikianlah Beberapa Tips Sederhana Untuk AC Mobil anda, semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar