Rabu, 15 Agustus 2012

3 Kereta Ekonomi AC Disiapkan Untuk Mudik

Sebanyak tiga kereta ekonomi AC telah diresmikan di Stasiun Senen yang akan dioperasikan untuk menjadi tambahan kereta dalam mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Diresmikannya kereta ekonomi AC diharapkan dapat menambah kenyamanan perjalanan bagi masyarakat karena kereta ini telah dilengkapi dengan pendingin," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Rabu.

3 Kereta Ekonomi AC Disiapkan Untuk Mudik

Menhub telah meresmikan tiga kereta ekonomi AC di Stasiun Senen, Selasa (14/8), yaitu kereta Majapahit 1 dan 2 yang akan dioperasikan PT KAI guna melayani rute Jakarta-Malang dan kereta Menoreh untuk rute Jakarta-Semarang.

Selain tiga kereta ekonomi AC, pada saat yang bersamaan juga diresmikan tiga set Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE), antara lain KRDE Baturaden yang akan dioperasikan untuk melayani rute Stasiun Cilacap-Stasiun Maguwo (Jogjakarta).

Terdapat pula dua set KRDE yang dijadikan satu rangkaian, untuk melayani rute Stasiun Senen (Jakarta)-Tegal yang akan beroperasi sementara selama masa lebaran 2012 dan akan dilakukan evaluasi setelahnya.

Tiga kereta ekonomi AC yang baru diresmikan tersebut merupakan buatan dalam negeri atau hasil produksi PT Inka yang pembuatannya menggunakan dana APBN dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Stasiun Gubeng, Surabaya, Senin (13/8) juga telah meresmikan dua set KRDE AC yaitu KRDE AC Kelud Ekspress yang melayani rute Surabaya-Blitar dan KRDE AC Arjuno Ekspress dengan rute Surabaya-Madiun.

Sebagaimana telah diberitakan, untuk mengatasi lonjakan penumpang kereta api, telah diberlakukan kebijakan antara lain dengan menetapkan jadwal perjalanan sementara (maklumat KA) disamping jadwal reguler, dan menjalankan KA lebaran tertentu atau tambahan di samping jadwal reguler.

Selain itu, kebijakan lainnya adalah menambah jumlah kereta penumpang sesuai kemampuan maksimal lokomotif dan memberlakukan sistem "boarding pass" bagi penumpang yang akan masuk emplasemen stasiun. [Ant/L-9]

Sumber : suarapembaruan.com

0 komentar

Poskan Komentar