Minggu, 02 September 2012

Tips Untuk Mengoperasikan Genset

Tips Untuk Mengoperasikan Genset - Genset yang berharga mahal mungkin tidak akan dapat anda ambil manfaatnya bila anda tidak atau belum bisa mengoperasikannya, dalam artikel kali ini kita akan mencoba belajar bersama dalam mengoperasikan genset dan mengenal keamanan pada saat mengoperasikannya. Genset dirancang dengan pertimbangan yang tinggi terhadap segi keamanan, bagaimanapun juga keamanan dan efesiensi dalam pengoperasian akan dapat diperoleh jika memperhatikan petunjuk - petunjuk berikut ini, Tips Untuk Mengoperasikan Genset :

Tips Untuk Mengoperasikan Genset

1. Mengoperasikan dengan benar, Jalankan mesin sesuai petunjuk yang diberikan dalam buku petunjuk operasi genset, jangan menjalankan mesin jika tidak mengetahui dengan baik perihal pengoperasian genset. Pastikan bahwa operator genset mengetahui cara–cara pengoperasian yang benar. Berilah penjelasan yang detail sesuai dengan buku petunjuk.

2. Jauhkan genset dari tempat yang basah, menjalankan genset ditempat yang langsung terkena hujan, lembab atau genangan air dapat berisiko untuk terjadinya sengatan listrik. Dianjurkan untuk memasang grounding pada genset dan beban.

3. Lingkungan sekitar genset, jangan meletakan barang-barang yang tidak penting di sekitar genset. Genset harus diletakan di tempat yang permukaanya rata atau cukup keras.

4. Jagalah kebersihan genset, Genset harus dijaga dengan baik dan anggaplah sebagai partner dalam bisnis anda, Rawatlah genset anda agar selalu tampak bersih. Jangan biarkan kebocoran-kebocoran yang terjadi berlangsung lama, dan bersihkan debu atau kotoran yang menempel diradiator.

5. Lakukan perawatan genset secara teratur, rawatlah genset dengan baik dan ikuti petunjuk pada buku manual genset. Pakailah bahan bakar dan oli pelumas sesuai dengan yang disarankan pabrik pembuat mesin.

6. Gantilah sparepart dengan memakai sparepart yang original agar genset anda dapat beroperasi dalam jangka waktu lama dan lancar.

7. Perhatikan sirkulasi udara Jika genset diopersikan di dalam ruangan, maka harus dibuat ventilasi udara yang baik. Asap knalpot yang sangat beracun harus terbuang keluar ruangan dengan baik. Jauhkan gas ruang mesin dari manusia dan hewan piaraan. Udara panas dari radiator juga harus dikeluarkan langsung melalui ducting/cerobong dan tidak boleh ada aliran balik agar mesin tidak panas.

8. Matikan mesin segera jika ada kejadian yang tidak normal, Jika genset diketahui beroperasi secara tidak wajar atau menunjukkan ketidaknormalan seperti getaran yang tinggi, suara yang kasar atau tersendat - sendat maka Segera matikan genset dan perbaiki masalahnya secepat mungkin.

9. Merawat kabel-kabel instrument dengan teratur Kerusakan kabel-kabel instrument dapat berakibat fatal dan dapat membahayakan manusia. Segera perbaiki atau ganti jika ditemukan ada kabel yang terkelupas, sambungan kabel yang kendor atau jika tercium kabel terbakar.

10. Hindari beban lebih (Overload) Generator diberikan sebuah circuit breaker (MCCB) untuk pengaman beban lebih yang mana akan bekerja(trip) jika terjadi kelebihan beban.

11. Jika hal ini terjadi maka harus dilakukan pengurangan beban sebelum menghidupkan genset kembali.

12. Jangan sentuh terminal Output ketika genset beroperasi karena dapat menimbulkan sengatan listrik. Putuskan circuit breaker (MCCB) kalau akan melakukan pemasangan kabel power.

13. Pasanglah kabel dengan baik dan benar Kabel power harus terpasang dengan benar untuk menghindari hubungan singkat. Perhatikan petunjuk/kode pada stiker di terminal output. Kencangkan setiap kabel yang dipasang dan jangan sampai kendur karena bisa berbahaya.

14. Hindarkan air terhadap bagian listrik Hindarkan jangan sampai air membasahi terminal output, kabel control/instrument dan generator. Karena hal ini dapat menyebabkan hubungan singkat.

15. Berhati–hatilah terhadap kebakaran bahan bakar dan minyak pelumas adalah bahan yang mudah terbakar. Jagalah jangan sampai minyak berceceran di sekitar genset. Jagalah kebersihan bagian dalam genset (Lapisan peredam) karena mudah terbakar jika terkontaminasi minyak. Jauhkan genset dari lingkungan kerja yang banyak menggunakan api.

Demikianlah Tips Untuk Mengoperasikan Genset, Semoga bermanfaat..!!

Sumber : www.rentalac.netne.net

1 komentar

Rental AC 5 Agustus 2014 pukul 12.44

Terimakasih atas informasinya, Sangat berguna sekali..Semoga sukses selalu

Posting Komentar